15 Mei 2008

Air Sumber Kehidupan

Air merupakan kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan dalam kehidupan manusia. Air diperlukan untuk bermacam-macam kegiatan seperti industri, perikanan, rekreasi, dan lain-lain. Sehingga kebersihan air merupakan syarat utama bagi terjaminnya kesehatan.
Air meliputi 70% dari permukaan bumi tetapi di banyak negara persediaan air terdapat dalam jumlah yang sangat terbatas. Menurut tempatnya air dapat berada di permukaan tanah (air permukaan) dan dapat pula di dalam tanah (air tanah). Air yang secara kimiawi murni tidak ada, kalaupun ada sukar didapat. Hal ini disebabkan air merupakan pelarut berbagai macam zat yang larut didalamnya sehingga mudah tercemar oleh kondisi lingkungannya.

Air hujan yang jatuh di tanah membawa serta mikroorganisme-mikroorganisme yang berhamburan di udara. Sampai di tanah air menjadi lebih tercemar lagi karena adanya sampah dan mungkin juga kotoran yang berasal dari pabrik. Sehingga umumnya air tidak bersih sempurna selalu mengandung senyawa pencemar. Untuk mendapatkan air bersih maka dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Pengolahan ini bertujuan untuk mendapatkan air yang berkualitas sesuai dengan baku mutu air.

Air minum merupakan kebutuhan dasar kehidupan sehari-hari yang paling penting. Untuk air yang digunakan sebagai air minum harus memenuhi 2 persyaratan, yaitu aman untuk dikonsumsi manusia dan memiliki penampakan yag menarik untuk penggunaannya.
Semakin hari kebutuhan akan air bersih semakin meningkat. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan air minum adalah dengan mengolah air baku menjadi air minum dalam kemasan (AMDK). Air ini dapat langsung diminum, bebas dari bakteri yang berbahaya, dan ketidakmurnian secara kimiawi, bersih dan jernih, tidak berwarna dan tidak berbau, serta tidak mengandung bahan tersuspensi atau kekeruhan.

1 komentar:

amiboyz mengatakan...

jadi sekarang harus hemat air